Artikel Dampak Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Salah

Media sosial merupakan sebuah media online yang mendukung interaksi sosial dengan menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog yang interaktif. Komuniskasi juga menjadi sarana yang baik karena dapat memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan jarak yang jauh sekalipun. Dengan media sosial seseorang dapat lebih mudah dalam bertukar pikiran, memudahkan dalam kegiatan transaksi jual beli, dan dapat berbagi kabar dengan cepat, aman, dan murah.  Dengan teknologi internet dan Handphone yang sudah semakin canggih membuat media sosial ikut tumbuh dan berkembang dengan pesat. Dengan perkembangan yang semakin Pesat tersebut membuat media sosial dapat diakses dengan mudah, kapanpun, dan dimanapun. 

Dengan kemudahan untuk mengakses media sosial tersebut disadari ataupun tidak memberikan dampak yang begitu besar khususnya di kalangan mahasiswa. Penggunaan media sosial dengan intensitas tinggi dan dalam jangka waktu yang panjang dapat mempengaruhi gaya bahasa mahasiswa. Karena semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial maka semakin luas atau semakin banyak gaya bahasa yang di ketahui dan diadaptasi pada kehidupan sehari-hari.  Dan bila ditinjau lebih jauh tidak sedikit mahasiswa yang kehilangan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini terlihat dari penggunaan gaya bahasa dan penulisan yang salah, dengan penempatan huruf kapital yang salah, penggunaan tanda baca atau simbol yang tidak sesuai atau bahkan berlebihan, dan juga singkatan-singkatan yang tidak dibenarkan dalam kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Jika dibiarkan begitu saja dikhawatirkan hal ini akan membudidaya dan mengakar di kalangan mahasiswa sehingga membuat bahasa Indonesia yang baik dan benar semakin terlupakan mengingat bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa yang sudah seharusnya kita banggakan bersama. 

Download Disini

Terima Kasih Telah Berkunjung, Silahkan Share Contoh Artikel Persuasif Yang Menarik ke Media Sosial untuk berbagi manfaat dan kebaikan